الأحد، 7 أبريل، 2013

Alasan virus komputer di ciptakan

Alasan Mengapa Virus Komputer Diciptakan


Ada ratusan ribu virus diluar sana (atau bahkan jutaan) dan mereka sering dirancang untuk tujuan yang berbeda. Berikut adalah tujuan virus komputer diciptakan :
- Untuk mengambil alih komputer dan menggunakannya untuk tujuan tertentu.
- Untuk menghasilkan uang.
- Untuk mencuri informasi sensitif (nomor kartu kredit, password, rincian pribadi, data dll).
- Untuk membuktikan sesuatu, untuk membuktikan skill dan untuk tujuan balas dendam.
- Untuk melumpuhkan komputer atau jaringan, dll.

1. Untuk Mengendalikan Komputer dan Menggunakannya untuk Tujuan Tertentu
Ini adalah tujuan yang paling umum sebuah virus diciptakan, sebut saja trojan. Jenis virus ini biasanya di download tanpa sadar. Saat komputer telah terinfeksi (dikenal sebagai komputer zombie), trojan akan bergabung dengan obrolan pribadi saluran dan menunggu perintah dari “Zombie Master” nya. Zombie Master ini akan mengumpulkan ribuan mesin terinfeksi yang disebut botnet dan menggunakannya untuk me-mount serangan pada server web. Zombie Master mendapat komando masing-masing komputer yang terinfeksi akan mengirimkan sedikit informasi ke web server – karena ada potensi ribuan komputer melakukan hal ini sekaligus, maka akan sering terjadi overloads server.
Master Zombie mungkin ingin melakukan hal ini ke website lain karena itu adalah situs saingan, seperti sebuah situs web pemerintahan seperti whitehouse.gov, atau mungkin mereka melakukan untuk pemerasan pemilik web. Mereka akan mengirim pesan seperti “Kirim saya uang Rp500.000.000 atau situs penjualan Anda akan offline selamma 6 bulan”.
2. Untuk Menghasilkan Uang
Jenis infeksi sering menyamar sebagai spyware gratis atau virus removal tools (dikenal sebagai rogueware). Setelah running, aplikasi palsu ini akan “memindai” komputer Anda dan mengatakan bahwa ditemukan beberapa virus dan meminta Anda untuk menghapusnya, Anda harus membayar untuk versi lengkap dari aplikasi. Sebagai contoh, seperti virus Myzor.fk.
3. Mencuri Informasi Sensitif
Jenis virus dapat mengendus lalu lintas masuk atau keluar dari komputer untuk informasi menarik seperti password atau nomor kartu kredit dan mengirimkannya kembali ke pembuat virus. Jenis virus ini sering menggunakan keylogging sebagai metode mencuri informasi seperti mengetikkan email, password, data perbankan rumah, chatting instant messenger dll. Metode yang disebutkan di atas juga memungkinkan penyerang untuk mengumpulkan jumlah informasi yang luar biasa tentang seseorang yang dapat digunakan untuk tujuan pencurian identitas.
4. Untuk Membuktikan Sesuatu, Untuk Membuktikan Itu Bisa Dilakukan, Untuk Membuktikan Skill Dan Untuk Tujuan Balas Dendam
Sebuah contoh sempurna dari jenis virus ini adalah virus MS.Blaster (alias Lovesan) yang menginfeksi ratusan ribu komputer pada bulan Agustus 2003. Virus ini akan menyebabkan sistem untuk restart setelah 60 detik dan memiliki dua pesan tersembunyi yang ditulis dalam kode nya: Salah satunya adalah “Saya hanya ingin mengatakan LOVE YOU SAN!” Yang mengapa virus ini disebut Lovesan, dan pesan lainnya adalah “Bill Gates, mengapa kamu membuat ini bisa terjadi ? Berhentilah hanya menghasilkan uang semata dan perbaikilah perangkat lunak Anda! “
Hal ini diyakini bahwa tujuan virus ini adalah untuk membuktikan betapa dengan mudahnya di exploitasi terhadap sistem Windows.
5. Untuk Melumpuhkan Komputer atau Jaringan
Virus yang dapat melumpuhkan komputer masih ada beredar. Jenis virus terburuk ini dapat melumpuhkan komputer, dimana virus ini akan menyerang Master Boot Record (MBR) pada komputer yang akan mencegah komputer untuk memulai (booting) sama sekali.Tidak seperti virus yang melumpuhkan komputer, virus yang mulumpuhkan jaringan semua juga sama saat ini. Kebanyakan virus itu dirancang untuk meluncurkan serangan ke Denial of Service yang akan menyebabkan beban yang signifikan pada jaringan komputer, hingga benar-benar menjadi down.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق

TWITTER